Kebutuhan akan produk anti rayap di pasaran terus meningkat setiap tahunnya, sehingga tidak mengherankan jika kemudian beragam pabrikan pestisida merilis produk obat anti rayap. Namun, soal kualitas obat apakah pestisida tersebut anti rayap nomor 1 atau bukan tergantung sepenuhnya terhadap formula dari obat tersebut sendiri. Namun, penentuan paling baik dan tidaknya juga tidak serta merta diukur dari penggunaan komposisi bahan yang mahal, karena sejatinya obat anti rayap yang paling direkomendasikan tetap yang terbuat sepenuhnya dari bahan-bahan alami, bukan 100% kimia, meski dengan demikian keampuhannya tidak lagi perlu diragukan. Tetapi perlu dijadikan catatan bahwa bahan kimia, sesedikit apa pun kuantitasnya berdampak sangat besar terhadap lingkungan.


Anti rayap nomor 1 selain diukur dari komposisi, biasanya juga dipertimbangkan dari tingkat keampuhannya. Sementara kembali lagi, jika yang digunakan zat kimia, maka tidak mengherankan jika kemudian sangat ampuh dalam membasmi hama rayap. Sedangkan, banyak masyarakat awam yang belum tahu bahwa rayap sebenarnya tidak perlu diracun menggunakan zat kimia, karena mereka lemah terhadap bau yang terlalu menyengat. Letakkan saja wewangian seperti parfum pada areal yang dijadikan target oleh kawanan rayap, maka mereka akan bergegas pergi dan enggan kembali atau dekat-dekat lagi pada areal tersebut kecuali bau wewangian tersebut sudah lenyap sepenuhnya. Selain wewangian, bisa juga menggunakan daun serai yang lebih alami.
Kesimpulannya, tidak ada patokan tertentu sehingga sebuah merk dapat menjadi anti rayap nomor 1 dan mengungguli merk lainnya. Predikat tersebut bersifat subjektif dan juga relatif. Jika memang kemudian pengusiran menggunakan bahan-bahan alami tidak mempan, baru gunakan obat anti rayap yang bercampur dengan zat kimia. Tetapi tetap usahakan menghindari obat dengan konsistensi zat kimia terlalu tinggi karena dikhawatirkan cukup kuat untuk mempengaruhi udara di sekeliling dan mencemarinya sehingga menimbulkan penyakit pernapasan yang fatal bagi yang tidak sengaja menghirup udara tercemar itu. Pastikan juga untuk melakukan proteksi diri maksimal saat mengaplikasikan obat anti rayap agar tidak celaka sendiri.